Frequently Asked Questions #2

  • by

Departemen Sosial Politik

Q: Lingkup permasalahan apa saja yang dikaji di Departemen Sosial Politik? Manfaat apa saja yang bisa didapatkan bila menjadi Departemen Sosial Politik?

A: Lingkup permasalahan yang dikaji adalah perihal sosial dan politik terutama dalam lingkup universitas. Di Departemen Sosial Politik kita bisa mengasah kepekaan kita terhadap isu-isu sosial maupun politik dan belajar mengadvokasi hak-hak mahasiswa.

Q: Apa yang membedakan tugas Divisi Kajian dan Divisi Advokasi?

A: Divisi Kajian bertugas dalam mengadakan diskusi yang bertujuan untuk menambahkan wawasan dan kepekaan mahasiswa (khususnya mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Inggris) mengenai permasalahan dalam lingkup sosial politik. Sedangkan Divisi Advokasi bertugas sebagai pendamping atau advokat mahasiswa dalam memperjuangkan haknya dalam menghadapi berbagai hal, terutama dalam bidang akademik.

 

 

Q: Apa program kerja utama Departemen Sosial Politik dan apa tujuan program kerja tersebut?

A: Program kerja utama kita adalah Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang merupakan kegiatan sosial yang diadakan sekali dalam satu periode. Pada P2M, warga ESA akan mengabdi pada masyarakat sebagai perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian. Tujuan dari P2M sendiri adalah membantu dan memberikan manfaat kepada masyarakat melalui berbagai macam kegiatan seperti kegiatan kependidikan, kepemudaan, religi, bakti sosial, dan sebagainya.

Departemen Penalaran

Q: Apa program kerja utama Departemen Penalaran dan apa tujuan program kerja tersebut?

A: Program kerja utama Departemen Penalaran adalah Annual English Contests and Seminar (AECS), yang mana pada tahun 2020 ini dilaksanakan secara daring. Tujuan program kerja ini yaitu untuk menyalurkan kemampuan bahasa Inggris setiap siswa yang menjadi peserta AECS dan menjadi ajang promosi Departemen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia.

Q: Apakah weekly meeting yang diadakan oleh kedua divisi di Departemen Penalaran yaitu Divisi English Speaking Club (ESC) dan Divisi English Writing Club (EWC) terbuka untuk umum? Atau untuk warga ESA saja?

A: Tentu saja terbuka untuk umum. Dalam bentuk daring ataupun langsung, setiap weekly meeting ESC ataupun EWC terbuka untuk umum.

Q: Selain mengadakan weekly meeting, apa saja tugas dari kedua divisi di Departemen Penalaran?

A: Selain weekly meeting, kedua divisi di bawah naungan Departemen Penalaran memiliki prokernya masing-masing untuk dijalankan. Weekly meeting sebenarnya hanyalah satu di antara beberapa proker lainnya yang dimiliki ESC dan EWC. Beberapa program kerja lain selain dari weekly meeting: ESA Meet New Friends, Writing Competition, MC training, dan lain-lain.k

Departemen Komunikasi, Media, dan Informasi (Kominfo)

Q: Dengan menjadi staf Departemen Kominfo, kemampuan apa saja yang bisa dikembangkan oleh warga ESA?

A: Dengan menjadi bagian dari Departemen Kominfo, kita berharap agar anggota mampu menguasai media sosial dengan efektif agar ESA pun menjadi organisasi yang eksis dan juga informatif bagi seluruh warganya. Penguasaan kemampuan desain dan juga copywriting yang baik dinilai diperlukan dalam mengikuti tren digital masa kini.

Q: Kedua divisi yang ada di Departemen Kominfo, yaitu Divisi Media dan Informasi (Medifo) dan Divisi Komunikasi, sama-sama bertugas memegang sosial media ESA. Lantas, apa perbedaan tugas dari keduanya?

A: Kalau dalam tugas media sosial, Divisi Medifo lebih bertanggung jawab dalam publikasi konten di media-media sosial yang dimiliki oleh ESA sendiri. Sedangkan Divisi Komunikasi bertanggung jawab di bagian komunikasi antara admin dan warganet, misalnya membalas pesan-pesan masuk. Selain itu, Divisi Komunikasi juga bertugas membuat takarir (caption) untuk postingan atau konten yang ada. Jadi, Divisi Medifo disini bisa diibaratkan sebagai designer-nya dan Divisi Komunikasi adalah copywriter-nya.

Q: Apa program kerja utama Departemen Kominfo dan apa tujuan program kerja tersebut?

A: Berhubung Departemen Kominfo yang mengurusi bagian eksistensi ataupun keinformatifan ESA, maka penempatan program kerja utama Departemen Kominfo adalah Pelepasan Wisudawan setiap Gelombang (PWG) dan ESA Freshmen Greeting (ESA FG). Departemen Kominfo diharapkan dapat menyalurkan sikap apresiatif dan informatif mengenai ESA melalui dua proker tersebut. Baik dengan bentuk apresiasi unggahan digital ataupun dengan mengadakan acara tatap muka.

Departemen Rohis

Q: Apa itu Departemen Rohis? Apakah ada syarat tertentu bila ingin bergabung ke dalam departemen ini?

A: Departemen Kerohanian Islam (Deprohis) adalah departemen yang bergerak dalam bidang dakwah Islam yang berfungsi menyediakan sarana kajian serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan mengajak kepada kebaikan dan menebar kebermanfaatan. Syarat yang harus dipenuhi untuk bergabung dengan departemen ini:

  1. Beragama Islam.
  2. Memiliki semangat untuk menebar kebaikan yang tinggi.
  3. Dianjurkan untuk mengenakan jilbab bagi akhwat.

Q: Apa Perbedaan Divisi Salam dengan Divisi Keputrian?

A: Perbedaan Divisi Salam dan Divisi Keputrian:

Divisi Studi Amal Islam (Salam) memiliki anggota yang terdiri dari akhwat dan ikhwan, sedangkan Divisi Keputrian hanya beranggotakan akhwat saja.

 Divisi Salam mengkaji pengetahuan keislaman secara umum, sedangkan Divisi Keputrian lebih berfokus mengkaji pengetahuan khusus seputar kewanitaan yang dihubungkan dengan pengetahuan keagamaan.

Q: Apa saja kegiatan yang diselenggarakan oleh Divisi Salam dan Divisi Keputrian?

A: Kegiatan yang diselenggarakan Divisi Salam dan Divisi Keputrian:

-Divisi Salam

  1. Assalamu’alaikum (Rapat Divisi Salam)
  2. Kaidah (Kajian Islam nan Mudah)
  3. Greetings (Kegiatan menyebarkan kotak amal dan memberikannya kepada yang membutuhkan)

-Divisi Keputrian

  1.  KIT (Keputrian in Team/Rapat Divisi Keputrian)
  2. Friday Party (FP)
  3. Ask Rohis

Departemen Pengembangan Organisasi

Q: Apa itu Departemen Pengembangan Organisasi?

A: Departemen Pengembangan Organisasi (DPO), sesuai namanya, merupakan departemen yang berfokus pada pengembangan organisasi baik internal maupun eksternal. Pada pelaksanaannya, tugas tersebut kemudian dikembangkan oleh dua divisi yaitu Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan Divisi Kaderisasi.

Q: Apa tujuan dan tugas dari Divisi Litbang dan Divisi Kaderisasi?

A: Divisi Litbang dan Divisi Kaderisasi  bertugas mengembangkan dan mempertahankan keberlangsungan organisasi. Divisi Litbang berfokus pada penelitian dan pengembangan internal organisasi dengan melaksanakan pendataan kinerja dan angket, pengevaluasian kinerja, dan apresiasi kinerja para anggota. Divisi Kaderisasi berfokus pada pembaharuan/regenerasi organisasi dengan melaksanakan Kaderisasi Anggota Baru (KAB) yang ditujukan untuk mahasiswa baru.

Q: Apakah sistem kaderisasi yang dilaksanakan setiap tahun berbeda-beda?

A: Pada pelaksanaannya sistem kaderisasi merujuk pada beberapa landasan seperti Konstitusi ESA, UUPKI ESA, UU Kaderisasi UPI, Pedoman Kurikulum Kaderisasi UPI, dsb. Sedangkan teknisnya dari tahun ke tahun Divisi Kaderisasi selalu mengevaluasi, meng-upgrade, dan menyesuaikan detail acara dengan kondisi dan keadaan.

Departemen Minat dan Bakat (Mikat)

Q: Apa itu Departemen Mikat?

A: Kepanjangan dari MIKAT adalah MInat dan baKAT, jadi secara garis besar Departemen Mikat adalah sebuah tempat yang mewadahi dan memfasilitasi minat dan bakat seluruh warga ESA baik di bidang kesenian maupun olahraga. Di departemen ini ada dua divisi, yaitu Divisi Kesenian dan Divisi Olahraga yang di dalamnya nanti akan dibagi lagi menjadi beberapa sub-divisi. Departemen Mikat juga memiliki sebuah acara insidental yang biasa dilaksanakan di akhir periode sekitar bulan November-Desember yang berupa perlombaan kesenian dan keolahragaan sebagai bentuk evaluasi atas weekly meeting yang telah dilaksanakan, dan upaya mempererat tali silaturahmi antar angkatan di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris.

Q: Apa tujuan dan tugas yang terdapat di dalam Divisi Olahraga dan Divisi Kesenian?

A: Di Divisi Olahraga ada 4 sub-divisi, yaitu futsal, basket, badminton, dan voli. Sedangkan di Divisi Kesenian sub-divisinya adalah Traditional Modern Dance (TMD), Creative Forum (CF), Vocal Group (VG), Music Forum (MF). Tujuan utama di kedua divisi ini sebenarnya sama, yaitu mewadahi dan memfasilitasi minat dan bakat warga ESA di bidang kesenian dan keolahragaan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, para staf dari masing-masing divisi nantinya akan diberikan kewajiban untuk mengelola sebuah sub-divisi mulai dari merekrut member tiap cabang olahraga dan seni, mengatur jadwal latihan, kapan dan di mana weekly meeting akan dilakukan, membuat artikel dan berbagai challenge, menjadi perantara apabila mendapat undangan untuk tampil, mengikuti lomba, dan kolaborasi dengan himpunan lain.

Q: Apakah untuk menjadi anggota Divisi Olahraga dan Divisi Kesenian harus memiliki bakat? Misalnya dalam Divisi Olahraga harus bisa bermain bulu tangkis/sepak bola/berenang dan dalam Divisi Kesenian apakah harus bisa bermain alat musik atau bernyanyi?

 

A: Tentu saja tidak. Sebenarnya setiap individu pasti memiliki bakatnya masing-masing, jadi kita tidak bisa memukul rata bakat seseorang. Di dalam keluarga ini, nantinya kita akan belajar bersama cara mengorganisir dan mengatur suatu hal, jadi lebih jelasnya yang akan teman-teman pelajari ketika menjadi anggota atau staf di Departemen Mikat adalah peran sebagai seorang ‘manajer’ dan fasilitator. Jadi, jika teman-teman merasa tidak memiliki bakat di bidang yang sudah ada namun berkeinginan untuk belajar memanage, kami akan dengan senang hati menerima teman-teman dan belajar bersama. Namun, kelebihannya adalah teman-teman juga bisa mulai menggali bakat yang ingin teman-teman kembangkan selagi menjadi staf dari Departemen Mikat, jadi manfaat yang didapat pun akan double, yaitu ilmu tentang keorganisasian dan bakat teman-teman juga ikut terasah.

English Literature Forum (ELF)

Q: Apa itu English Literature Forum (ELF)?

A: English Literature Forum (ELF) adalah sebuah organisasi mandiri dibawah naungan ESA, juga sebuah forum yang membahas mengenai sastra, hidup, cinta, dan segala hal yang lewat dalam ataupun di luar nalar.

Q: Bagaimana caranya menjadi anggota ELF? Apakah anggota ELF hanya boleh berasal dari Departemen Pendidikan Bahasa Inggris saja?

A: Caranya dengan bergabung saja, kami bersifat terbuka. Siapapun dan dari jurusan manapun bisa ikut. Anggota kami pun ada yang dari jurusan Bahasa Prancis, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, dll.

Q: Semua kegiatan yang diselenggarakan oleh ELF seperti Welfare, Kelas Pendidikan Dasar, Poetry Night, dan masih banyak lagi itu terbuka untuk umum atau hanya untuk anggota ELF saja?

A: Sangat terbuka, siapapun bisa ikut. Untuk WELFARE, siapapun bisa datang/mengikuti acaranya, akan tetapi untuk panitia acaranya tahun ini hanya mengundang mahasiswa angkatan 2019, 2018, dan 2017.

Q: Nanti kita akan melakukan apa saja bila mengikuti Kelas Pendidikan Dasar?

A: Kita akan sama-sama berbagi ilmu dan yang pastinya akan ada pemateri yang luar biasa, ada topik-topik yang merujuk pada kesusastraan, karena Kelas Pendidikan Dasar ini akan berhubungan dengan konsep dari WELFARE ELF tahun ini.

Q: Apa perbedaan dari Rumah Kata dan Poetry Night mengingat keduanya sama-sama memiliki topik yang sama yaitu puisi?

A: Rumah Kata adalah wadah teman-teman semua yang memiliki puisi orisinil dan ingin ditumpahkan ke Instagram ELF sendiri. Kalau Poetry Night datang dari kebiasaan kami yang suka mendadak membuat pembacaan puisi di kampus, di mana platformnya diubah menjadi di Instagram LIVE bersama @the_unselfish. Di Poetry Night, teman-teman boleh membacakan puisi dari penulis-penulis yang kalian sukai maupun puisi orisinil kalian.

Q: Apa itu Welfare? Dan berapa kali kegiatan Welfare biasanya diadakan dalam setahun?

A: WELFARE adalah…… Mari sepakat bahwa WELFARE ialah WELCOMING and FAREWELL PARTY ELF di mana ELF menyambut mahasiswa baru dan berpisah dengan mahasiswa tua yang akan lulus. WELFARE sendiri ‘biasanya’ merupakan pagelaran karya dari anak ELF, bisa berupa teater, monolog, dan pameran karya lainnya.

Q: Selain di Instagram, di mana lagi kita bisa melihat kegiatan ELF?

A: Kalian bisa cek di website kami www.theunselfish.xyz atau channel YouTube kami yaitu  English Literature Forum. Jika ada pertanyaan lebih lanjut lagi, kalian bisa langsung DM Instagram kami atau hubungi di line@ kami @wyg1510G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *