Frequently Asked Questions #1

  • by

BPM

Q: Yang diperbolehkan ikut keanggotaan BPM itu dari tingkat satu sampai tingkat berapa?

A: Bisa dibilang yang diperbolehkan ikut BPM itu semua angkatan dengan ketentuan tingkat satu sampai tiga masing-masing maksimal sepuluh orang. Untuk tingkat empat keatas disatukan dan sama-sama dibatasi sepuluh orang.

Q: Salah satu tugas BPM yaitu mewadahi aspirasi warga ESA. Lalu bagaimana cara BPM mengumpulkan aspirasi warga ESA?

A: Sebagai contoh karena setiap angkatan mempunyai BPM sendiri, setiap orang bisa memberikan aspirasinya ke BPM di angkatannya masing-masing. Contoh lainnya adalah dengan pengajuan perubahan konstitusi yang ditampung oleh BPM. Setiap orang diperbolehkan mengajukan amandemen konstitusi yang nantinya ditetapkan di Mumas (Musyawarah Mahasiswa).

Q: Apakah ada seleksi tertentu untuk menjadi anggota BPM?

A: Tidak. Cukup dengan persetujuan angkatan saja atau kemauan sendiri.

Q: Adakah perbedaan tugas BPM dengan BE dan BKSO?

A: Dari segi tugas, berbeda dengan BE (Badan Eksekutif) dan BKSO (Badan Kegiatan Semi Otonom) yang wujud pelaksanaan tugasnya berupa program-program, BPM menjalankan tugasnya dalam bentuk pendampingan dari pelaksanaan program-program tersebut dan memastikan setiap detail pelaksanaannya tidak melanggar konstitusi.

Q: Apakah setiap komisi yang ada di BPM memiliki tugas yang berbeda?

A: Secara tugas tidak. Yang membedakan setiap komisi adalah bidangnya. Setiap komisi mengawasi dan mendampingi bidang yang berbeda-beda.

Presiden ESA

Q: Apa saja tugas dari Presiden ESA?

A: Mengacu pada SOP (Standard Operating Procedure), tugas/kewajiban presiden adalah:

1. Penanggung jawab umum organisasi.

2. Koordinator umum dalam pelaksanaan tugas eksekutif organisasi.

3. Bertanggung jawab atas segala kegiatan dan wewenang Badan Eksekutif Hima Bahasa Inggris FPBS UPI.

4. Mengkoordinasikan seluruh Kabinet Hima Bahasa Inggris FPBS UPI.

5. Mengetahui masalah-masalah yang terjadi di dalam kabinet dan mencari solusi terbaik.

6. Mewakili Hima Bahasa Inggris FPBS UPI baik di dalam maupun di luar Universitas Pendidikan Indonesia.

Q: Apakah menjadi anggota kepengurusan ESA itu wajib?

A: Menjadi anggota kepengurusan ESA itu tidak wajib, kembali lagi ke diri sendiri ingin bergabung atau tidak. Bahkan ada kemungkinan di setiap periode akan ada pembatasan untuk jumlah anggota pengurus yang mana hal ini bergantung kepada kebijakan Presiden atau pimpinan periode itu sendiri.

Q: Bagaimana cara menjadi anggota kepengurusan ESA?

A:Biasanya dua minggu atau sebulan paling lambat setelah Mumas (Musyawarah Mahasiswa) dan pelantikan Presiden yang baru, akan diadakan open recruitment untuk warga ESA yang ingin bergabung menjadi pengurus ESA. 

Sekretaris Jendral

Q: Apa itu Sekretaris Jenderal?

A: Sekretaris Jenderal (Sekjen) adalah salah satu posisi dalam kepengurusan ESA, di mana tugasnya itu selain menjadi Kepala Biro juga menjadi Wakil Presiden.

Q: Apakah Sekjen harus hadir di setiap event hima?

A: Kalau dikatakan harus, sebenarnya tidak juga. Tergantung kebijakan dan kesepakatan dengan Presiden di awal periode. Ada beberapa kemungkinan Sekjen berada di dalam sebuah kegiatan, di antaranya menjadi Steering Committee (SC) 1 dalam acara insidental (diatur dalam SOP kabinet), menyertai/mewakili Presiden jika Presiden berhalangan hadir, atau sedang ikut memantau selaku koordinator harian kegiatan eksekutif.

Q: Adakah tugas khusus yang dikelola oleh Sekjen?

A: Ada. Selain menjadi penanggung jawab bidang administrasi dan keuangan himpunan, Sekretaris Jenderal juga berkewajiban untuk menyertai, mewakili, dan menggantikan Presiden jikalau berhalangan hadir, menjadi koordinator harian dalam pelaksanaan tugas eksekutif organisasi, dan lainnya yang diatur dalam AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) dan SOP kabinet.

Q: Adakah perbedaan tugas antara Biro Keuangan dan Biro Administrasi?

A: Ada. Dari kedua namanya pun mungkin sudah kentara perbedaan tugasnya. Biro Keuangan itu berfokus pada pengelolaan keuangan himpunan, baik itu pencatatan keuangan maupun penghimpunan dana untuk kebutuhan organisasi. Sedangkan Biro Administrasi memiliki fokus untuk melakukan hal-hal administratif, seperti kegiatan surat-menyurat, perawatan rumah tangga, dan pengarsipan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *